Kamis, 2 Oktober 2014
Selamat Datang   |      |  
Kompas.com
Kamis, 2 Oktober 2014 | 17:25 WIB
April dan Perempuan dalam Bingkai Cerita Pendek
Kamis, 18 April 2013 | 19:15 WIB
Dibaca:
|
Share:

JAKARTA, KOMPAS.com--Kisah-kisah perempuan dalam sebagian besar cerpen kita bertutur tentang asmara, seks dan rumah tangga; hubungan yang melibatkan emosi dua orang, laki-laki dan perempuan, namun sedikit yang bertutur tentang ketidak adilan yang dialami  perempuan, khususnya dalam sub kultur adat istiadat  daerah.

Buku "Kumpulan Cerpen Kabin Pateh" yang ditulis oleh Weni Suryandari adalah salah satu dari yang sedikit itu. Buku ini bertutur tentang kisah perempuan dalam berbagai konflik kehidupan. Beberapa kisah bercerita mengenai  perempuan Madura yang dijadikan  judul sampul buku ini.  Seluruh kisah yang tersaji dalam buku ini mencerminkan pemikiran penulis dan pandangannya terhadap perlakuan adat istiadat dan masyarakat terhadap perempuan; memiskinkan dan membodohkan. Memiliki dan membaca cerpen-cerpen dalam Kabin Pateh seperti mengupas kenyataan. Dunia yang masih dipenuhi oleh pikiran-pikiran sempit terhadap peranan perempuan.
Weni Suryandari, cerpenis yang berdarah Sumenep Madura ini nampaknya sengaja mengambil momentum April untuk peluncuran dan bedah buku kumpulan cerpen pertamanya di beberapa tempat dan komunitas karena bertepatan dengan Hari Kartini. April yang selalu sarat dengan nuansa keperempuanan dan peranannya di segala lini kehidupan.  April yang diramaikan oleh pembahasan tentang perempuan, sementara banyak perempuan yang masih tersembunyi dalam perlakuan tidak adil dan semena-mena, baik oleh adat, agama mau pun gender.

Buku Kabin Pateh ini diterbitkan oleh QAF Books akan diluncurkan secara marathon di  Jakarta, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Taman Ismali Marzuki, Cikini  pada 20 April 2013, pukul 14.00  dengan pembahas, Saut Poltak Tambunan, ada pun diskusi ini akan dipandu oleh Akidah Gauzillah. Sementara pada tanggal 24 April 2013 pukul 19.30 buku ini akan didiskusikan di Komunitas Pasar Malam Sastra Reboan di Warung Apresiasi Bulungan, dengan pembahas Dedy Tri Riyadi dan Khudori Husnan dengan moderator Ilenk Rembulan. Di Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga pada 27 April 2013 dengan pembahas DR. Inayah Rohmaniyah M.Hum  dan  Sunlie Thomas Alexander. *)

Editor :
Jodhi Yudono