Selasa, 29 Juli 2014
Selamat Datang   |      |  
Kompas.com
Selasa, 29 Juli 2014 | 21:45 WIB
Festival Erau Dipromosikan di Bali
Jumat, 12 April 2013 | 18:26 WIB
Dibaca:
|
Share:

google.com
Festival Erau

TENGGARONG, KOMPAS.com--Festival Seni dan Budaya Erau di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, dipromosikan hingga Pulau Dewata, tepatnya di Discovery Mall Kuta, Bali, pada 12-14 April 2013, agar semakin dikenal hingga mancanegara.

"Promosi ke Bali ini dilakukan dengan kerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara dan The Jakarta Post, kegiatanya berupa pertunjukan seni dan promosi Erau," ujar Kepala Disbudpar Kutai Kartanegara Sri Wahyuni saat dihubungi dari Tenggarong, Kutai Kartanegara, Jumat.

Dipilihnya lokasi Discovery Mall Kuta karena diketahui bahwa kawasan itu padat pengunjung, terutama wisatawan mancanegara.

Tahun 2013, katanya, Festival Erau akan mengusung tajuk Erau International Folklore & Art Festival (EIFAF) yang rencananya diikuti 12 negara, dijadwalkan digelar pada 30 Juni hingga 7 Juli, di Kota Raja Tenggarong.

Materi promosi yang akan ditampilkan di Bali berupa informasi tentang pelaksanaan EIFAF baik waktu, tempat, dan sejumlah program kegiatan, berikut video dokumentasi Erau tahun lalu dan foto-foto representasi EIFAF.

Selain itu juga akan dibagikan brosur tentang EIFAF dan buku panduan sejumlah objek wisata di Kutai Kartanegara (Kukar).

Dalam promosi juga akan ditampilkan kesenian Keraton Kesultanan Kutai, yaitu Tari Topeng Kemindu, dan kesenian Jepen khas Kutai yang saat EIFAF nanti akan tampil di panggung seni budaya.

Tak hanya di Bali, pertunjukan promosi EIFAF juga akan dilaksanakan di dua lokasi di Jakarta, yaitu di lobi pintu utama Grand Indonesia  pada 15-21 April dengan materi sama dengan promosi di Bali.

Kemudian pada 18 April akan dilaksanakan promosi Erau di gedung Erasmus Huis yang merupakan pusat kebudayaan Belanda di Jakarta.

Para duta besar negara peserta EIFAF dan negara sahabat lainnya, kata Sri lagi, turut diundang pada acara di Erasmus Huis itu. Pada acara di Earsmus Huis disampaikan informasi tentang penyelenggaraan EIFAF 2013 di Tenggarong.

Acara ini dijadwalkan dihadiri Bupati Kukar Rita Widyasari, Gubernur Kaltim Awang faroek Ishak, para pejabat Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura HAM Salehuddin II.

Dijelaskan Sri, selain memberikan informasi dalam bentuk dokumentasi foto dan video,  di Auditorium Erasmus Huis juga akan dipersembahkan sajian musik etnik, tarian keratin, dan tarian tradisi komunitas Dayak.

"Kami berharap dengan promosi tersebut, maka Erau tahun ini makin banyak disaksikan wistawan sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisata ke Kukar. Hal ini tentu akan berdampak pada tumbuh kembangnya ekonomi kreatif di daerah," kata Sri mengakhiri.

Sumber :
ANT
Editor :
Jodhi Yudono