Kamis, 24 Juli 2014
Selamat Datang   |      |  
Kompas.com
Kamis, 24 Juli 2014 | 15:25 WIB
Lukisan Matisse yang Dicuri Ditemukan di AS
Jumat, 20 Juli 2012 | 18:45 WIB

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: url_twitter

Filename: views/read_view.php

Line Number: 93

" show_faces="false" width="450" font="arial">

google.com
Henri Matisse

MIAMI, KOMPAS.com--Lukisan karya pelukis Perancis Henri Matisse yang hilang di museum Venezuela sekitar 10 tahun yang lalu diduga ditemuka oleh kepolisian Miami.

Kasus itu terungkap ketika seorang laki-laki dan perempuan yang diduga berniat menjual lukisan Odalisque à la Culotte Rouge kepada agen FBI yang menyamar.

Pedro Antonio Marcuello Guzmann (46) dan Maria Martha Elisa Ornelas Lazo (50) ditangkap dengan tuduhan memiliki barang curian.

Lukisan yang selesai dibuat pada 1925 itu ditaksir bernilai 3 juta dollar AS. Lukisan itu dicuri sekitar satu dekade yang lalu dari Caracas Museum of Contemporary Art (MACCSI), yang sebelumnya dikenal dengan nama Sofia Imber Contemporary Art Museum.

Pihak museum mengetahui bahwa lukisan itu diganti dengan lukisan palsu setelah seorang kolektor seni mengatakan lukisan itu dijual di New York.

Pernyataan resmi dari Departemen Hukum mengatakan Marcuello menjual lukisan seharga 740.000 dollar sebelum mengatakan itu barang curian.  "Marcuello diduga mengaku pada agen yang menyamar dalam sebuah peremuan. Ia tahu lukisan itu curian dan menjualnya," demikian bunyi pernyataan itu.

Lukisan itu kemudian dibawa ke AS dari Meksiko oleh kurir yang diintifikasi sebagai Ornelas. "Dalam pemeriksaan yang dlkakukan agen yang menyamar, lukisan itu sesuai dengan lukisan asli Henri Matisse yang dilaporkan hilang di MACCSI," katanya, seperti yang dikutip dari BBC.

Menurut Reuters, data Karya Seni Curian Nasional FBI, ada lima lukisan Matisse lainnya yang hilang, termasuk koleksi yang terdiri dari 62 sketsa. Lukisan berjudul "Pastoral" (1906) adalah salah satu lukisannya yang dicuri dari Museum of Modern Art di Paris pada 2010. Awal tahun ini, karya Matisse yang lain. The Peonies terjual seharga 19 juta dolar.

 

Sumber :
ANT
Editor :
Jodhi Yudono