Rabu, 1 Oktober 2014
Selamat Datang   |      |  
Kompas.com
Rabu, 1 Oktober 2014 | 17:12 WIB
Kompetisi Film Fiksi-Pendek Indonesia Dibuka
Penulis: Ester Lince Napitupulu | Senin, 9 Januari 2012 | 16:30 WIB

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: url_twitter

Filename: views/read_view.php

Line Number: 93

" show_faces="false" width="450" font="arial">

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Film Solo kembali membuka pendaftaran untuk program Kompetisi Film Fiksi-Pendek Indonesia tahun 2012, yang direncanakan pada tanggal 9-13 Mei. Ada dua kategori yang dikompetisikan yakni kategori umum-nasional atau biasa disebut Ladrang Award dan kategori pelajar-nasional atau Gayaman Award.

 

Ricas Cwu, Direktur Festival Film Solo, Senin (9/1/2011), mengatakan, pada Festival Film Solo tahun 2011, panitia mendapati perkembangan yang luar biasa dari film-film fiksi pendek tanah air dan dari para sutradaranya. Film pendek memiliki peluang besar untuk menjadi industri tersendiri," kata Ricas.

 

Pada pelaksanaan Festival Film Solo Tahun 2011, film pemenang Ladrang Award 2011 yakni "Bermula dari A" karya BW. Purba Negara mendapat apresiasi dari festival-festival film dalam negeri dan internasional. Setelah tayang perdana dan menyabet Ladrang Award 2011 di Festival Film Solo, film "Bermula dari A" menjadi official selection di Busan International Film Festival, Korea.

Selain itu, film tersebut meraih Piala Citra di Festival Film Indonesia (FFI) 2011 Kategori Film Pendek. Pada akhir bulan Januari hingga awal Februari 2012 nanti, "Bermula dari A" akan berkompetisi di Clermont-Ferrand International Short Film Festival, Perancis, yang merupakan salah satu dari lima festival internasional yang paling bergengsi di dunia.

Pada 2012, Kategori Gayaman Award akan mengkompetisikan film-film pelajar, baik SMA maupun SMP, secara nasional. Ini berbeda dengan tahun lalu, yang hanya memiliki lingkup se-Jawa Tengah.

 

"Perubahan lingkup dari se-Jawa Tengah menjadi nasional ini merupakan respon terhadap publik dan para filmmakers muda tanah air. Tahun lalu, banyak filmmakers pelajar dari luar Jawa dan luar Jawa Tengah yang kecewa karena filmnya tidak bisa masuk Gayaman Award. Mereka mengirim email dan menghubungi langsung untuk menyampaikan harapannya agar lingkup kita naikkan menjadi nasional," jelas Septian Ayok, Koordinator Kompetisi di Festival Film Solo.

Dewan Juri Festival Film Solo 2012 berjumlah tiga orang pada masing-masing kategori. Pada Ladrang Award, Dewan Juri terdiri dari Seno Gumira Ajidarma, Joko Anwar, dan Ifa Isfansyah. .

Adapun pada Gayaman Award, Dewan Juri terdiri dari Kuntz Agus Nugroho, Ariani Darmawan, dan Blontank Poer.

Genre film yang dikompetisikan adalah fiksi dengan durasi maksimal 30 menit yang diproduksi tahun 2010-2012. Pendaftar wajib mengisi secara lengkap formulir pendaftaran yang dapat diunduh di website www.festivalfilmsolo.com. Pengiriman karya paling lambat 25 Maret 2012. 

 

Editor :
Robert Adhi Ksp