Rabu, 23 April 2014
Selamat Datang   |      |  
Kompas.com
Rabu, 23 April 2014 | 16:04 WIB
Obituari
Darso Meninggal Dunia
Penulis: Didit Putra Erlangga Rahardjo | Senin, 12 September 2011 | 16:38 WIB

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: url_twitter

Filename: views/read_view.php

Line Number: 93

" show_faces="false" width="450" font="arial">
KOMPAS/RONY ARYANTO NUGROHO Darso, seniman Sunda yang juga dijuluki Michael Jackson pop Sunda

BANDUNG, KOMPAS.com Seniman Sunda, Hendarso atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Darso (66), Senin (12/9/2011) sore, berpulang. Dia meninggal dunia saat dilarikan ke Rumah Sakit Daerah Soreang.

Kabar itu didapatkan dari Humas RSD Soreang, Mahendrawan Ismono, Senin. Menurut dia, Darso sudah datang dalam kondisi meninggal dunia sekitar pukul 14.30 dan langsung diperiksa oleh tenaga kesehatan di Instalasi Gawat Darurat.

"Hasil pemeriksaan kami, pupil mata tidak lagi bereaksi terhadap cahaya, denyut jantung pada EKG sudah datar, dan respirasinya juga sudah nol," kata Mahendrawan. 

Dia tidak mengetahui penyebab Darso dilarikan ke rumah sakit. Namun, diduga dia kelelahan karena mengikuti serangkaian acara halalbihalal di Kabupaten Bandung. Anaknya juga menceritakan bahwa Darso sempat merokok pagi harinya.

Keluarga langsung mengambil kembali Darso dan dibawa ke rumah duka di Desa Gandasoli, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung.

Darso adalah seniman yang menelurkan hampir 300 album musik berbahasa Sunda bermodalkan calung, alat musik dari bambu, dan dipadukan dengan musik pop. Gaya busana yang nyentrik serta kacamata hitam yang akrab melekat di wajah membuatnya dijuluki Michael Jackson pop sunda. Beberapa lagu ciptaannya yang menjadi hit yaitu "Amparan Sajadah", "Kabogoh Jauh", dan "Maribaya".

Editor :
Marcus Suprihadi